Modul Ajar Programmable Logic Controller untuk kelas XII TITL
Sebuah langkah inovatif telah diambil oleh mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Sefia Tirania Stefani, yang berhasil menciptakan Modul Pembelajaran untuk Programmable Logic Controller (PLC) kelas XII TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik). Dengan bimbingan dari dosen pembimbingnya, Fendi Achmad, S.Pd., M.Pd., Sefia berhasil merancang alat pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengoperasikan PLC.
Modul ini dirancang khusus untuk siswa kelas XII TITL agar dapat memahami dengan lebih baik konsep dan praktik penggunaan PLC. Dengan penjelasan yang jelas, gambar yang mendukung, serta latihan-latihan praktis, diharapkan siswa dapat lebih mudah menguasai materi ini yang sangat penting dalam dunia teknik instalasi tenaga listrik.
Fendi Achmad, S.Pd., M.Pd., dosen pembimbing Sefia, menyatakan, "Modul pembelajaran PLC yang telah dirancang oleh Sefia merupakan sebuah kontribusi yang sangat berharga dalam pengembangan pendidikan di bidang teknik. Ini akan membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang kompleks dengan cara yang lebih efektif."
Sefia Tirania Stefani menjelaskan bahwa ide untuk menciptakan modul pembelajaran PLC ini muncul dari keinginannya untuk memberikan alternatif pembelajaran yang lebih interaktif dan aplikatif bagi siswa. "Saya berharap modul ini dapat membantu siswa dalam menguasai materi PLC dengan lebih baik dan siap menghadapi dunia kerja di masa depan," ungkapnya.
Modul pembelajaran PLC ini telah mendapatkan sambutan positif dari pihak sekolah dan guru-guru TITL. Mereka melihatnya sebagai sebuah alat bantu yang sangat berguna dalam proses pembelajaran di kelas.
Sefia Tirania Stefani berharap bahwa modul pembelajaran PLC yang diciptakannya dapat menjadi salah satu referensi utama dalam proses pembelajaran TITL di sekolah-sekolah. Dengan demikian, diharapkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam bidang PLC dapat meningkat secara signifikan.
Keberhasilan Sefia dalam menciptakan modul pembelajaran PLC ini menjadi bukti bahwa mahasiswa memiliki peran yang penting dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Semoga upaya-upaya inovatif seperti ini terus mendapatkan dukungan dan apresiasi yang layak.
Share It On: