Modul Ajar Pengukuran Inquiry Based Learning Kelas X/Gasal Kurikulum Merdeka 2022
berita terkait
- Kolaborasi Mahasiswa UNESA dalam Teknologi Tepat Guna, Seni Budaya, dan Produk Kreatif dengan SMPN 61 Surabaya
- Karya Mahasiswa UNESA Berupa Teknologi Tepat Guna, Seni Budaya, dan Produk Kreatif untuk SMP GIKI 1 Surabaya
- Kontribusi Mahasiswa Unesa bersama SDN 229 Gresik Mengembangkan Inovasi Pembelajaran
- "Mahasiswa Unesa Hadirkan Inovasi Teknologi Tepat Guna, Seni Budaya, dan Produk Kreatif untuk Meningkatkan Pembelajaran di SD Luqman Al Hakim"
- Karya Kreatif Mahasiswa UNESA dan Mitra: Inovasi dalam Seni Visual dan Desain Grafis
Audina Paramitha Azahra, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA), telah berhasil menciptakan sebuah modul ajar yang inovatif dalam bidang pendidikan fisika, dengan bimbingan dari Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd. Modul ini berjudul "Pengukuran Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Kelas X/Gasal Kurikulum Merdeka 2022".
Dalam rangka mendukung implementasi Kurikulum Merdeka 2022 yang tekanan pada pendekatan pembelajaran yang lebih berbasis keterampilan dan penemuan, Audina Paramitha Azahra bersama Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd., merancang sebuah modul terbuka yang menggabungkan pendekatan pengukuran dan inkuiri- pembelajaran berbasis.
Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd., menjelaskan bahwa tujuan dari modul ini adalah untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menantang bagi siswa. “Melalui pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri, siswa diajak untuk aktif bertanya, mengamati, mengumpulkan data, dan membuat kesimpulan sendiri. Ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan penemuan.”
Audina Paramitha Azahra menyatakan bahwa kerja sama dengan Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd., telah membantu dalam merancang modul ajar yang efektif dan relevan. “Saya sangat berterima kasih atas bimbingan dan dukungan dari Pak Binar Kurnia Prahani. Modul ini adalah hasil kolaborasi kami untuk memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan, terutama di era Kurikulum Merdeka ini.”
Modul “Pengukuran Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Kelas X/Gasal Kurikulum Merdeka 2022” ini telah mendapat apresiasi yang tinggi dari kalangan akademisi di UNESA. Diharapkan bahwa modul ini akan menjadi sumber belajar yang berharga bagi guru dan siswa dalam upaya meningkatkan pemahaman dan minat belajar dalam fisika, serta menjadi inspirasi bagi pengembangan modul-modul terbuka yang kreatif dan inovatif lainnya dalam bidang pendidikan di masa mendatang.
Share It On: