UNESA Menggelar Bimbingan dan Workshop Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha Jelang KMI EXPO 2023
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/new-simawa/thumbnail/5a1ba846-5af4-4dd8-960b-9ca44098c8a9.jpg)
Sebagai upaya penguatan mahasiswa jelang KMI EXPO 2023, dan mendukung serta mencetak mahasiswa berwirausaha yang mampu terus membangun potensinya sebagai wirausahawan yang handal dan memiliki jejaring yang dapat digunakan untuk pengembangan usaha, kompetensi dan kualitas produk, Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Sub Direktorat Kesejahteraan dan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya mengadakan kegiatan bimbingan dan workshop Kewirausahaan Mahasiswa P2MW. Kegiatan yang dilakukan selama dua hari ini mengundang para praktisi handal dari berbagai bidang usaha, dengan tujuan untuk memberikan gambaran, wawasan dan sharing pengalaman. Kegiatan yang dihadiri oleh 50 peserta terbagi menjadi dua sesi yakni pemberian materi dan workshop Model Busines Innovation (BMI) oleh Bapak Soesijanto (selaku Corporate General Manager WIN Hotel Group) dan Branding Produk oleh Bapak Tommy Aditya (selaku Senior Branding Manager Kalbe Nutrionals) di hari pertama. Di sesi pertama mahasiswa diajak untuk memahami bahwa suatu inovasi harus memiliki tujuan dan target yang ingin dicapai, apakah itu meningkatkan kualitas, mengurangi biaya, menciptakan pasar baru, memperluas jangkauan produk, mengganti SDM atau mengurangi konsumsi energi. Mahasiswa harus mengetahui prinsip-prinsip dan ciri sebuah inovasi serta faktor pendukung dan tujuan sebuah inovasi. Mahasiswa juga diajarkan bagaimana memberikan layanan servis terhadap konsumen dan penerapan teknologi untuk menghasilkan inovasi baru. Terkait branding produk diungkapkan bahwa dalam sebuah brand design kredibilitas dan daya sugestif itu sangat penting, Branding diharapkan bersifat mobileproduk, fleksibel, mudah diperbarui dan disesuaikan dengan konteks, aman baik secara hukum maupun persaingan. Sesi kedua terkait Digital Marketing disampaikan oleh Bapak Ruhi Asandi (selaku CEO PT. Asandicorp Citra Nusantara), sementara Manajemen Keuangan oleh Bapak Bangun Setiawan Nugroho (selaku owner Ilhami Group Bojonegoro). Pemasaran digital merupakan cara yang efisien, relevan dan efektif untuk menjangkau konsumen secara lebih luas dibandingkan pemasaran tradisional. sehingga memiliki sebuah website adalah suatu keharusan bagi pemilik bisnis. Visibilitas produk di dunia daring akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap sebuah brand. Sementara pemahaman akan pentingnya manajemen keuangan akan membantu wirausahawan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan atau cara terbaik dalam melaksanakan rencana yang relevan, dalam menyusun strategi, atau mengidentifikasi hal-hal yang diperlukan perusahaan secara finansial untuk mencapai tujuannya, baik jangka pendek maupun panjang,
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/new-simawa/gallery/2858d36d-1416-4f58-8418-4afd4e5787e3.jpg)
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/new-simawa/gallery/b6427360-001d-4144-ba59-28fcb98143e1.jpg)
![](https://statik.unesa.ac.id/profileunesa_konten_statik/uploads/new-simawa/gallery/82c3cdb7-9a7a-4de0-877c-2ef959f53cab.jpg)
Share It On: