RENCANA PELAKASAAN PEMBELAJARAN(RPP) Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Listrik Statis Kelas 12 SMA/MA
Arif Muafa, seorang mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA), telah menunjukkan komitmen tinggi dalam pengembangan pendidikan dengan menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis Model Problem Based Learning (PBL) untuk materi Listrik Statis yang diajarkan di kelas 12 SMA/MA. Proyek ini dibimbing oleh Dr. Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd., seorang dosen yang berpengalaman di UNESA.
RPP berbasis PBL ini dirancang untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa, di mana mereka akan ikut aktif dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep-konsep listrik statistik. Dengan pendekatan PBL, siswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, serta berkolaborasi dalam menyelesaikan tantangan yang diberikan.
Arif Muafa menjelaskan bahwa RPP ini bertujuan untuk memperkaya pembelajaran di kelas dengan memberikan konteks nyata bagi siswa dalam memahami konsep-konsep listrik statistik. “Melalui pendekatan PBL, kami ingin siswa tidak hanya menguasai teori, tetapi juga mampu menerapkan konsep-konsep tersebut dalam situasi dunia nyata.”
Binar Kurnia Prahani, S.Pd., M.Pd., dosen pembimbing, menyatakan bahwa pengembangan RPP ini adalah langkah positif dalam mendorong pembelajaran yang lebih aktif dan kontekstual. “RPP berbasis PBL memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara yang lebih mendalam dan bermakna, sehingga mereka dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang materi yang diajarkan.”
Diperkirakan bahwa penerapan RPP ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas 12 SMA/MA, serta membantu siswa dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di dunia nyata. Langkah inovatif Arif Muafa dalam mengembangkan RPP ini juga menjadi inspirasi bagi pelajar lainnya untuk terlibat dalam pengembangan pendidikan yang lebih baik di masa depan.
Share It On: