Menghitung Perbandingan Antara Pembelajaran Online Dengan Offline, Menggunakan Uji Regresi Sederhana
Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus menunjukkan kecakapan mereka dalam menganalisis dan meningkatkan metode pembelajaran. Kali ini, Adellia Pramesti Hardi sebagai ketua tim, bersama dengan anggota timnya, Deasy Fatma Sari, Lutfi Aluna Sagita, Fadhilah Salsabilla, dan Dewi Wardha Cessy Frastriwi, telah membuat sebuah karya yang berjudul "Menghitung Perbandingan Antara Pembelajaran Online Dengan Offline, Menggunakan Uji Regresi Sederhana". Proyek ini dibimbing oleh Dr. Wiryanto, M.Si., seorang ahli statistik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan efektivitas pembelajaran online dan offline dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan menggunakan metode uji regresi sederhana, tim mahasiswa berusaha untuk mengidentifikasi hubungan antara jenis pembelajaran dengan prestasi belajar siswa.
Adellia Pramesti Hardi menjelaskan, "Penelitian ini penting karena akan memberikan wawasan tentang efektivitas pembelajaran online dan offline, yang dapat menjadi dasar untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di masa depan."
Proyek ini melibatkan pengumpulan data tentang hasil belajar siswa dari pembelajaran online dan offline, serta faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode statistik uji regresi sederhana untuk mengidentifikasi pengaruh jenis pembelajaran terhadap prestasi belajar.
Dr. Wiryanto, M.Si., dosen pembimbing proyek ini, menyatakan apresiasinya terhadap upaya dan dedikasi tim mahasiswa dalam menyelesaikan penelitian ini. "Penelitian ini memberikan kontribusi yang berarti dalam memahami perbandingan efektivitas pembelajaran online dan offline, yang sangat relevan dalam konteks pendidikan saat ini," ujarnya.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang lebih jelas tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode pembelajaran, serta memberikan arahan untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih baik di masa depan. Keberhasilan Adellia Pramesti Hardi dan timnya dalam melakukan penelitian ini menegaskan pentingnya penelitian dalam mendukung pengembangan pendidikan yang berkualitas.
Share It On: