INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK LEVEL KONSEPSI SISWA DENGAN FORMAT LIMA TINGKAT UNTUK MATERI GELOMBANG MEKANIK
Sebuah terobosan pendidikan telah dilakukan oleh mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Aretha Patricia Andriani, di bawah bimbingan Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc. Mereka bersama-sama menciptakan sebuah produk kreatif yang diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan dalam pemahaman siswa terhadap materi gelombang mekanik. Produk tersebut adalah "Instrumen Tes Diagnostik Tingkat Konsepsi Siswa dengan Format Lima Tingkat untuk Gelombang Mekanik ."
Dalam upaya meningkatkan kualitas dan evaluasi pembelajaran di bidang gelombang mekanik, Aretha Patricia Andriani dan Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc., telah merancang instrumen tes diagnostik yang inovatif. Instrumen ini dirancang untuk mengukur pemahaman siswa dalam materi tersebut dengan tingkat kesulitan yang disesuaikan, mulai dari pemahaman dasar hingga konsep yang lebih kompleks.
Frida Ulfah Ermawati, M.Sc., menjelaskan tujuan utama dari produk ini, "Instrumen tes diagnostik ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang tingkat pemahaman siswa terhadap materi gelombang mekanik. Dengan adanya format lima tingkat, kami berharap dapat membantu guru untuk lebih efektif dalam menilai dan menanggapi kebutuhan belajar siswa."
Aretha Patricia Andriani menyatakan bahwa kolaborasi dengan Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc., telah memberikan pengalaman yang sangat berharga baginya. "Saya sangat berterima kasih atas dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc. dalam mengembangkan produk ini. Saya berharap produk ini dapat menjadi alat yang berguna bagi guru dan siswa dalam meningkatkan pembelajaran di bidang gelombang mekanik."
Produk "Instrumen Tes Diagnostik Tingkat Konsepsi Siswa dengan Format Lima Tingkat" ini telah mendapat apresiasi yang tinggi dari kalangan akademisi UNESA. Diharapkan bahwa produk ini akan menjadi langkah awal dalam pengembangan metode evaluasi yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan belajar siswa di masa mendatang.
Share It On: