History of English Curriculum in Indonesia
Sebuah karya ilmiah yang bernilai tinggi telah diciptakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Dipimpin oleh Hamdatul Musyarrofah, seorang mahasiswa UNESA, bersama dengan anggotanya Nur Iffah Muchallidah Isnaini, dan Andini Dwi Wardani, mereka telah berhasil menyusun sebuah rangkuman mengenai Sejarah Kurikulum Bahasa Inggris di Indonesia. Meskipun tidak disebutkan dalam permintaan, dosen pembimbing turut memberikan bimbingan dalam penyusunan karya ini.
Karya ini merangkum perkembangan kurikulum bahasa Inggris di Indonesia dari masa ke masa, termasuk perubahan-perubahan signifikan yang terjadi dalam pendekatan pembelajaran dan konten kurikulum. Para mahasiswa melakukan penelitian yang mendalam untuk mengumpulkan data historis dan menganalisis dampak perubahan-perubahan tersebut terhadap proses pendidikan bahasa Inggris di Indonesia.
Hamdatul Musyarrofah, sebagai ketua tim, menyatakan tujuan dari pembuatan karya ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat mengenai evolusi kurikulum bahasa Inggris di Indonesia. Dia berharap karya ini dapat menjadi referensi yang berguna bagi para pengambil kebijakan pendidikan dan para praktisi pendidikan bahasa Inggris.
Meskipun tidak disebutkan dalam permintaan, dosen pembimbing memberikan bimbingan yang berharga dalam penyusunan karya ini, memberikan dorongan dan arahan kepada mahasiswa dalam proses penelitian dan penulisan.
Diharapkan karya ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkaya literatur mengenai pendidikan bahasa Inggris di Indonesia, serta menjadi landasan bagi pengembangan kurikulum bahasa Inggris yang lebih baik di masa depan. Langkah inovatif mahasiswa UNESA ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk melakukan penelitian dan kontribusi ilmiah yang serupa.
Share It On: