English for Specific Purpose: Syllabus for Marketing Staff in Furniture Company
Sebuah upaya penting telah dilakukan oleh mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dalam menggali dan menyajikan Sejarah Kurikulum Bahasa Inggris di Indonesia. Dipimpin oleh Hamdatul Musyarrofah, seorang mahasiswa UNESA, bersama dengan anggotanya Nur Iffah Muchallidah Isnaini, dan Andini Dwi Wardani, mereka telah berhasil menyusun sebuah rangkuman yang berharga. Dalam pembuatan karya ini, mereka dibimbing oleh Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D., seorang dosen yang memiliki kualifikasi tinggi di bidang pendidikan.
Karya ini tidak hanya merangkum perjalanan kurikulum bahasa Inggris di Indonesia dari masa ke masa, tetapi juga menyoroti perubahan-perubahan signifikan dalam pendekatan pembelajaran dan isi kurikulum. Para mahasiswa melakukan penelitian yang cermat dan mendalam untuk mengumpulkan data historis serta menganalisis dampak perubahan-perubahan tersebut terhadap pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia.
Hamdatul Musyarrofah, sebagai ketua tim, menjelaskan bahwa tujuan utama dari pembuatan karya ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang perkembangan kurikulum bahasa Inggris di Indonesia. "Kami berharap karya ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pengambil kebijakan pendidikan dan praktisi pendidikan bahasa Inggris," ujarnya.
Dalam proses penyusunan karya ini, dosen pembimbing, Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D., memberikan bimbingan yang berharga kepada mahasiswa. Dengan pengalamannya yang luas di bidang pendidikan, ia memberikan dorongan dan arahan yang diperlukan untuk membantu mahasiswa mencapai tujuan mereka.
Diharapkan bahwa karya ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkaya literatur tentang pendidikan bahasa Inggris di Indonesia. Langkah inovatif dari mahasiswa UNESA ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk melakukan penelitian dan kontribusi ilmiah yang serupa di masa mendatang.
Share It On: