Analisis Perbedaan Nilai Ujian Siswa SMA Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Antara Jurusan IPA dan IPS Dengan Menggunakan Uji Dua Sampel Bebas T-Test
Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus menunjukkan dedikasi mereka dalam memperdalam pemahaman tentang pendidikan di Indonesia. Kali ini, Nurul Aanisah sebagai ketua tim, didukung oleh anggota timnya, Fikroh Al-Ulya, Neristin Zahranisa, dan May Maulidah Zahrotunnisa', telah berhasil menganalisis perbedaan nilai ujian siswa SMA pada mata pelajaran Bahasa Indonesia antara jurusan IPA dan IPS menggunakan uji dua sampel bebas T-Test. Proyek ini dibimbing oleh Dr. Wiryanto, M.Si., seorang ahli dalam bidang statistik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan nilai ujian siswa SMA antara jurusan IPA dan IPS dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan metode analisis statistik uji dua sampel bebas T-Test, tim mahasiswa berusaha untuk mengidentifikasi apakah terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok siswa tersebut.
Nurul Aanisah menjelaskan, "Penelitian ini penting untuk membantu pihak sekolah dan guru dalam merancang strategi pengajaran yang lebih efektif dan berdaya guna bagi siswa, terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia."
Proyek ini melibatkan pengumpulan data nilai ujian siswa dari kedua jurusan, IPA dan IPS, dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah itu, data tersebut dianalisis menggunakan metode statistik yang tepat untuk menghasilkan kesimpulan yang akurat.
Dr. Wiryanto, M.Si., dosen pembimbing proyek ini, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya dan dedikasi tim mahasiswa dalam menyelesaikan penelitian ini. "Penelitian ini merupakan contoh nyata bagaimana mahasiswa dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan statistik mereka untuk memberikan kontribusi yang berarti dalam dunia pendidikan," ujarnya.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pihak sekolah dan guru dalam merancang program pembelajaran yang lebih efektif dan inklusif bagi siswa. Keberhasilan Nurul Aanisah dan timnya dalam melakukan penelitian ini menegaskan pentingnya penelitian dalam mendukung pengembangan pendidikan yang berkualitas.
Share It On: