Analisis Keterkaitan antara Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Jawa Mahasiswa Kelas 2021B PGSD UNESA Menggunakan Uji Korelasi Berganda
Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus menunjukkan dedikasi mereka dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar. Kali ini, Rozallya Ninggar Anggraini sebagai ketua tim, bersama dengan anggota timnya, Sabrina Dias Rahmania Putri dan Tia Wulansari, telah menghasilkan sebuah karya berjudul "Analisis Keterkaitan antara Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Jawa Mahasiswa Kelas 2021B PGSD UNESA Menggunakan Uji Korelasi Berganda". Proyek ini dibimbing oleh Dr. Wiryanto, M.Si., seorang ahli statistik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara minat belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa kelas 2021B Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNESA dalam mata pelajaran Bahasa Jawa. Dengan menggunakan metode statistik uji korelasi berganda, tim mahasiswa berusaha untuk mengetahui sejauh mana minat belajar dan perhatian orang tua berkontribusi terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Rozallya Ninggar Anggraini menjelaskan, "Penelitian ini penting karena akan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar mahasiswa, sehingga dapat menjadi dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif di masa depan."
Proyek ini melibatkan pengumpulan data tentang minat belajar dan tingkat perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa PGSD kelas 2021B, serta data prestasi belajar mahasiswa dalam mata pelajaran Bahasa Jawa. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode statistik uji korelasi berganda untuk menentukan hubungan antara ketiga variabel tersebut.
Dr. Wiryanto, M.Si., dosen pembimbing proyek ini, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya dan dedikasi tim mahasiswa dalam menyelesaikan penelitian ini. "Penelitian ini memberikan kontribusi yang berarti dalam memahami keterkaitan antara minat belajar, perhatian orang tua, dan prestasi belajar mahasiswa. Saya berharap hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman untuk pengembangan program-program pendidikan yang lebih baik di masa depan," ujarnya.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang lebih jelas tentang faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar mahasiswa, sehingga dapat membantu institusi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif. Keberhasilan Rozallya Ninggar Anggraini dan timnya dalam melakukan penelitian ini menegaskan pentingnya penelitian dalam mendukung pengembangan pendidikan yang berkualitas.
Share It On: