Analisis Hubungan Antara Siswa Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Bimbel Terhadap Kenaikan Hasil Belajar Pada Siswa Jenjang SMP Dengan Uji Chi-Square
Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus menunjukkan dedikasi mereka dalam menggali pemahaman tentang dunia pendidikan. Kali ini, Veni Meilinda sebagai ketua tim, bersama dengan anggota timnya, Syarifa Nurul Azam, Najah Aghisniyah Maida, dan Jimmy Arya Teja Pramana Putra, telah menghasilkan sebuah karya berjudul "Analisis Hubungan Antara Siswa Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Bimbel Terhadap Kenaikan Hasil Belajar Pada Siswa Jenjang SMP Dengan Uji Chi-Square". Proyek ini dibimbing oleh Dr. Wiryanto, M.Si., seorang ahli statistik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara partisipasi siswa dalam bimbingan belajar (Bimbel) dan kenaikan hasil belajar pada siswa jenjang SMP. Dengan menggunakan metode statistik uji Chi-Square, tim mahasiswa berusaha untuk mengidentifikasi apakah terdapat hubungan signifikan antara partisipasi dalam bimbel dengan peningkatan hasil belajar siswa.
Veni Meilinda menjelaskan, "Penelitian ini penting karena akan memberikan wawasan tentang efektivitas bimbel dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMP, serta dapat menjadi dasar untuk pengembangan program pendidikan yang lebih baik di masa depan."
Proyek ini melibatkan pengumpulan data tentang partisipasi siswa dalam bimbel dan hasil belajar siswa dari berbagai SMP. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode statistik uji Chi-Square untuk menguji hubungan antara kedua variabel tersebut.
Dr. Wiryanto, M.Si., dosen pembimbing proyek ini, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya dan dedikasi tim mahasiswa dalam menyelesaikan penelitian ini. "Penelitian ini memberikan kontribusi yang berarti dalam memahami pengaruh bimbel terhadap hasil belajar siswa SMP. Saya berharap hasil penelitian ini dapat memberikan arahan untuk pengembangan program bimbel yang lebih efektif di masa depan," ujarnya.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang lebih jelas tentang efektivitas bimbel dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMP. Keberhasilan Veni Meilinda dan timnya dalam melakukan penelitian ini menegaskan pentingnya penelitian dalam mendukung pengembangan pendidikan yang berkualitas.
Share It On: